Menengok Orangutan di Nyaru Menteng

Januari 10, 2017

"Program Reintroduksi Orangutan Kalimantan Tengah di Nyaru Menteng didirikan pada tahun 1999, khusus untuk menyediakan perawatan dan rehabilitasi bagi orangutan yang terusir dari habitatnya atau kehilangan induknya akibat kegiatan pembangunan manusia" - Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF)

Dalam beberapa dekade terakhir, kasus-kasus yang melibatkan Orangutan jamak kita temui. Mulai dari terusirnya mereka dari habitat aslinya karena perubahan fungsi hutan lindung menjadi hutan budidaya, kebakaran hutan, pembalakan liar, perburuan ilegal, penyiksaan, bahkan adapula Orangutan yang dijadikan (maaf) objek seks dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Berangkat dari keresahan akan semakin rentannya kehidupan Orangutan, pada tahun 1999, Kementrian Kehutanan cabang Kalimantan Selatan mendirikan pusat rehabilitasi Orangutan dengan tujuan untuk menyediakan perawatan dan rehabilitasi bagi orangutan yang terusir dari habitatnya atau kehilangan induknya akibat kegiatan pembangunan manusia.

Suasana di Penangkaran Nyaru Menteng (Sumber: getborneo.com)

Nyaru Menteng, sebagai salah satu pusat rehabilitasi orangutan terbesar di Indonesia, berada 30 kilometer dari pusat Kota Palangkaraya. Belum ada transportasi umum yang dapat membawa kita kesana dari pusat kota, sehingga pilihannya harus menggunakan mobil/motor pribadi, sewa, ataupun taksi, itupun biayanya sangat mahal karena letaknya yang cukup jauh dan di area pedalaman.  Dikutip dari orangutans.au, Nyaru Menteng memiliki luas 62,5 Ha dengan ekosistem hutan rawa gambut. Klinik, fasilitas karantina, dan kandang untuk sosialiasi, berada di area seluas 1,5 Ha yang dikelilingi oleh "kandang" besar dari besi.

Gerbang Menuju Kawasan Nyaru Menteng (Sumber: getborneo.com)

Saya sangat excited ketika mengunjungi Nyaru Menteng, karena seumur hidup, saya hanya melihat Orangutan di kebun binatang saja. Pun, saat pertama kali mengunjungi Nyaru Menteng, saya membayangkan bahwa saya akan tracking menyusuri pedalaman hutan Kalimantan seharian dengan modal tenaga dan mengandalkan keberuntungan untuk bertemu Orangutan. Ternyata pikiran saya salah! Nyaru Menteng, menurut saya merupakan salah satu pusat penangkaran Orangutan yang sudah maju. Ini terlihat dari beragam atraksi serta amenitas yang tersedia disana.
Numpang Narsis Didepan Pintu Masuk Ruang Edukasi
Ketika sampai, kita akan disambut seorang pawang yang merangkap sebagai guide. Fasilitas khas "destinasi wisata" juga sudah tersedia seperti toilet, rumah makan, hingga toko suvenir. Pada awalnya kita akan masuk ke ruang display, dimana terdapat dokumentasi serta penjelasan terkait Orangutan, Nyaru Menteng, hingga kegiatan apa saja yang dilakukan disana. Setelah puas mengelilingi ruang display, kita akan masuk ke Ruang Edukasi. Disini, para pawang akan menjelaskan lebih rinci langkah-langkah dalam merehabilitasi Orangutan, mulai dari periode penangkaran, pembiasaan di alam liar, hingga tahap dilepas di alam liar untuk hidup pada habitatnya. Kemudian, hal yang ditunggu-tunggu datang juga, kita akan dibawa ke kandang penangkaran untuk melihat secara langsung Orangutan yang ada. Orangutan yang boleh kita lihat adalah Orangutan yang berada di tahap awal, yaitu ketika pertama kali masuk ke Nyaru Menteng untuk direhabilitasi. Area yang bisa kita lihat sangat terbatas, karena setelah ruang edukasi kita langsung dapat melihat hutan kalimantan tempat rehabilitasi. Namun didepan sudah ada beberapa kandang tempat kita bisa melihat beberapa Orangutan yang sedang dalam program penangkaran. Kebanyakan Orangutan di Nyaru Menteng berasal dari Orangutan yang tersingkir dari habitat aslinya karena aktivitas manusia.
Disini, saya mendapat pengetahuan baru tentang Orangutan bahwa pada dasarnya naluri Orangutan ketika bertemu manusia itu takut dan cenderung mempertahankan diri, jadi ketika kita bertemu Orangutan yang ramah dan mau dekat manusia, bisa dipastikan dia sudah tidak hidup di habitat aslinya dan sering berinteraksi dengan manusia.

Rasanya sayang jika mengunjungi Kalimantan tidak merasakan hutannya dan melihat langsung Orangutannya. Jika datang ke Palangka Raya, sempatkan sejenak pergi ke Nyaru Menteng dan rasakan sensai melihat Orangutan langsung dari habitatnya!

You Might Also Like

0 komentar