#SeputarKP: Serba-serbi KP

Oktober 09, 2016

Hai selamat malam dunia! Rasanya sudah lama sekali tidak menulis di laman blog saya tercinta ini. Blog yang sedari 6 tahun menemani hari-hari saya ini rasanya begitu sayang jika dibiarkan terdiam menganga. Karena sudah tiba di masa-masa mahasiswa tingkat akhir alias semester 7, jadi rasanya banyak kegabutan waktu luang yang bisa digunakan untuk hal-hal yang positif. Salah satunya dengan menulis (kembali) di blog ini, itung-itung melemaskan jari-jemari sebelum mulai menulis se-krip-syii. Baiklah, untuk menandai kebangkitan (ceileh) saya di blog ini,  akan saya awali dengan menulis cerita ala-ala tentang KP, berhubung momen nya juga lagi pas ini, pendaftaran KP periode 2016/2017. Rencananya tulisan ini akan bernama #SeputarKP dan berseri sampai 3 episode, doakan saya agar istiqomah dalam menulis ya. Okey, here we are~~~


Apa sih KP itu?

Pertama kita harus tau KP itu apa. Jadi KP adalah Kerja Praktek. Kerja praktek (KP) adalah mata kuliah wajib 3 sks di program studi Perencanaan Wilayah dan Kota UGM, jadi kalau mau lulus dari PWK UGM harus udah KP ya (ya iyalah!). KP ini bertujuan untuk merasakan atmosfir dan sensasi dunia kerja bagi para mahasiswa PWK (yang ditempat KP nya ada kerjaan ya, kalo ngga ya biasanya internetan doang, wkwk) tapi asli sih KP bisa memberikan gambaran pekerjaanmu di masa mendatang.

Gimana alur mendaftar KP di kampus?

Secara umum ada 3 hal yang harus kamu lalui;
  1. Pastikan kamu sudah semester 5 keatas, kalau belum jangan buru-buru. Nikmati masa kuliahmu.
  2. Pastikan mendaftar saat periode KP, biasanya dalam setahun ada 4 kali periode KP, yaitu setiap liburan antar semester, dan di setiap semester, jangka waktu pelaksanaan KP saat periode liburan pada umumnya lebih singkat dari pada yang dilakukan dalam semester karena tidak disambi kuliah.
  3. Kalau sudah dapet tempat KP pastikan segera mengumpulkan berkasnya ke kampus sebelum deadline tiba, karena kalu sudah lewat deadline, mau KP di PBB New York pun ngga bakal diitung sebagai KP, sadis emang pengajaran. Heuheu~

Gimana alur mendaftar KP di Instansi?

Nah! Sebelum daftar KP di pengajaran, udah pasti harus dapet tempat KP dulu dong. Caranya gimana tuh? Begini ni gambarannya:

Apply email -> ga di bales -> email -> dibales -> suruh telpon -> ga diangkat -> telpon lagi -> suruh nelpon bagian ini dan itu -> telpon lagi -> suruh nunggu kabar lagi -> ngga ada kabar -> ditelpon lagi -> ternyata ditolak -> nangis di pojokan kantin

Gitu kali ya gambaran umum alur nyari tempat KP. Kalo dipikir-pikir emang masa-masa mencari tempat KP tu ngangenin cukup menguras hati. Kita harus kesana-sini nanya apakah ada kesempatan ngga, email sana sini, telpon sana sini, ga jarang kita di phpin dan digantungin. Ya namanya juga perjuangan kan, tapi itu bisa bikin kita tahan banting sih. Dan akhirnya ketika kita mendapatkan tempat kp setelah melewati perjuangan yang panjang itu lho sensasinya.......... biasa aja sih. Hehe

Pertimbangan milih tempat KP: 
 
  1. KP DEKET RUMAH, mau apapun kerjaannya yang penting di deket rumah! Biasanya dilakukan mahasiswa rantau agar bisa kembali ke pangkuan ibunda sambil bekerja.
  2. IDEALIS. Emang ngebet mantep banget pengen KP ditempat tertentu karena berbagai alasan personal, mulai dari niatnya mendalami ilmu atau biar sekedar nampak keren. Hanya Tuhan yang tahu motifnya.
  3. COBA-COBA. Ini buat jiwa2 petualang. Biasanya dia pengen nyoba suatu hal yang baru yang ga dia tekuni selama ini. Kalo ini ati2 aja sih, kalo emang belajarnya lancar bakal dapet pengetahuan baru, tapi kalo nggak nanti bisa fail~ but, pengalaman adalah guru yang terbaik, jadi go ahead.
  4. YANG PENTING KP. Yha ini banyak sih, karena berbagai kendala yang dihadapi dalam berjuang mendapat tempat KP terkadang harus mengalahkan idealita mau KP dimana, atau juga ada pertimbangan lain gitu yang lebih harus diperjuangkan daripada idealita kita, ya udah yang penting KP, gpp!

Kerjaan di KP ngapain sih?

Intinya sih ada dua, mau KP di negeri apa swasta. Kalo di negeri kita bisa tau ritme kerja di pemerintahan kaya gimana, itung-itung yang pengen jadi PNS bisa mulai mencoba magang di sini, mulai dari level daerah sampai nasional bisa tebuka lebar. yang basicnya suka baca, policy analysis, ngitung data, kemampuan microsoft office sangat oke, sesuai dengan ranahnya, kalo design ya design, kalo manajemen proyek ya ngolah data, kalo konsultan ya survey, bisa arcgis dan perpetaan. Kalo dirimu pribadi yang suka tantangan dan terbiasa under pressure, menguasi software specific, kerjaan banyak dan merupakan pribadi yang dinamis, kamu lebih cocok di swasta.

Gimana biar survive di tempat kp

  • Bisa kerja (ya iyalah, emang disana mau ngapain tong? Nongkrong?)
  • Mudah bergaul dan beradaptasi (penting banget ini), waktu kp kemaren sempet bantuin project pribadinya salah satu staff disana dan lumayan dapet uang jajan tambahan berkat gaul sama semua, mulai dari supir, ob, sampai atasan, harus kita gauli. hehe
  • Usahakan selalu tepat waktu dan give it more dari yang diminta, kalo misanya mereka ngasih standar 75 misalnya, ya kalian ngerjainnya standarnya 80, intinya jangan asal jadi, harus dikerjain sepenuh hati.
  • Jaga sikap dan hubungan baik dengan staff, supervisor, dan atasan kamu. Siapa tau kan waktu kelar kp kamu langsung ditawarin job sama mereka. Who knows!
KP adalah pengalaman sekali seumur hidup (kalo mau berkali-kali juga gapapa sih), jadi harus dijalani dengan suka cita. Kalo udah dapet tempat KP harus dijalani dengan sepenuh hati, jangan mau-nggak-mau, jangan gampang ngeluh, kalo ngga suka kenapa dulu milih ditempat itu kan? Walau pada kenyataannya di tempat KP tidak selalu sesuai dengan apa yang kita harapkan, justru itulah kehidupan, bakalan banyak banget nilai-nilai yang bisa dipetik dari KP, khususnya di bidang profesional kita sebagai seorang Perencana Wilayah dan Kota di masa depan.

Mau tau kerjaan saya di tempat KP ngapain? Tunggu postingan berikutnya! Stay tune di #SeputarKP yaaaa!

Ciao~

You Might Also Like

0 komentar