Top 10 K-Pop Song 2018

Desember 16, 2018

Sedikit intro, awal mula tau musik K-Pop itu medio tahun 2011. Saat itu cuma tau Super Junior dan SNSD. Setelah masuk kuliah (2013), kayaknya udah ga pernah ndengerin musik k-pop. Dan itu berlanjut sampai akhir tahun 2017 dimana aku terlibat dalam acara ASEAN+3 Youth Cultural Forum. Sebuah acara kepemudaan dan pertukaran budaya yang diikuti oleh perwakilan negara ASEAN ditambah Jepang, Korea, dan China. Diacara tersebut, aku mendapat tugas untuk menjadi LO Mahasiswa dari Daejeon University, Korea. Singkat cerita, tibalah giliran mereka untuk tampil dihadapan kami semua. Pada saat itu aku belum terlalu "into k-pop" jadi pengetahuanku tentang musik ini sungguh amatlah minim. Ketika mereka tampil, mereka melakukan cover-dance mashup 3 lagu yang belakangan baru aku tahu kalau lagu-lagu tersebut adalah lagu dari Blackpink (As If It Your Last), PSY (New Face) dan Sunmi (Gashina). Aku kaget, ternyata hampir sebagian besar delegasi dari negara lain pun tau lagu-lagu tersebut dan mereka ikut menari bersama. Gila! Hallyu Wave memang nyata!

Aku semakin "into k-pop" ketika aku memutuskan mendaftar beasiswa KGSP (Korean Government Scholarship Program)  untuk program Master pada awal tahun 2018. Setiap hari aku menulis beragam essay yang dibutuhkan dan mendengarkan musik-musik k-pop sebagai penyemangat. Walaupun pada akhirnya aku nggak lolos beasiswa itu, telingaku sudah terbiasa mendengar musik-musik k-pop sampai sekarang. Bahkan, Top 100 Spotify 2018 di dominasi lagu-lagu k-pop. Hehe.

  
Sebagai bentuk apresiasi terhadap lagu-lagu k-pop yang sudah menemani dikala ups and downs ku tahun ini (halah), berikut aku kasih rekomendasi 10 lagu k-pop terenak 2018 versiku:


10. Sunmi- Heroine

Selama nulis essay KGSP, lagu ini yang selalu ku puter. Ga tau ya, walaupun liriknya tentang pasangan, tapi somehow ada bagian yang related sama masa-masa perjuangan ini:

https://lyricstranslate.com/en/heroine-%EC%A3%BC%EC%9D%B8%EA%B3%B5-heroine.html

You need to be yourself
Even if it hurts me
And it is sad ending
 
The show must go on
"You need to be yourself, even if it hurts me, the show must go on!"

Walaupun keliatannya ga mungkin, peluangnya kecil, saingannya banyak, tapi the show must go on! 




https://lyricstranslate.com/en/heroine-%EC%A3%BC%EC%9D%B8%EA%B3%B5-heroine.html

You need to be yourself
Even if it hurts me
And it is sad ending
 
The show must go on

9. BLACKPINK - DU-DDU-DU-DDU

SIAPA YANG GAK TAU BLACKPINK ?!?!?!?!? Saking terngiang-ngiang nya ni lagu, pasti setiap intro lagu ini keputer, kalian ga sadar teriak "Blackpink" gitu kan? Hayo, ngaku aja!



8. EXID - How Why

Bukan lagu utamanya EXID, ga ada MV nya bahkan. Tapi entah kenapa suka aja. Sebetulnya lagunya tentang break up gitu, tapi nyanyinya dengan riang dan selow aja kayak di pantai.

how why how why~



7. MOMOLAND - Bboom Bboom

Kalau di Korea ada SKJ, mungkin lagu ini akan dinobatkan sebagai lagu wajib untuk SKJ setiap hari jumat!

Give it to you My nunununununununun nunbit~




 

6. PRODUCE48 - You're in Love, Are'nt You? (Suki ni Nacchaudarou?) 

Produce48 adalah survival show korea pertama yang ku tonton. Aku ngikutin banget dari episode 1 sampai selesai. Dari lagu konsep di episode terakhir, aku paling suka yang ini. Ini lagu berbahasa jepang dan yang nyiptain produsernya AKB48. Enak banget dan kalau liriknya dikuliti, sangat cute sekaliiiii :3




5. Red Velvet - Red Flavor

Sebetulnya ini lagu 2017 sih, tapi jadi lagu teratasku di spotify, jadi tetap akan kumasukkan di list ini karena ini lagunya enak. Lagu wajib karaoke! Sangat tepat sekali menggambarkan suasana summer yang festive dan menyenangkan.



4. IZ*ONE - Memory

 Dari semua lagu debut baru yang ada di album COLOR*IZE, aku paling suka lagu ini. Liriknya dalem banget, tentang perjuangan seseorang dalam menggapai cita-cita. Seberat apapun rintangannya, dicemooh orang, usaha segala macem gagal terus, tapi yakinlah akan ada saatnya masa sulit tersebut hilang dan berganti dengan yang kita cita-citakan :"


 

3. IU - BIBBIBI

Pertama kali didengerin kayak apaan sih, tapi abis beberapa kali didengerin ternyata lagunya simple dan easy listening.

 Hello stu P I D~




2. IZ*ONE - As We Dream (Yume wo Miteiru Aida) 

Ini lagu tentang persahabatan gitu.Waktu final stage Produce48 nyanyiin ini ikut trenyuh aja gitu, inget perjuangan mereka biar bisa debut. Yampun, padahal aku cuma nonton lho, gimana jadi mereka coba ya?


1. Oh My Girl - Remember Me

Yak, ini lagu yang on repeat terus. Ga tau ya, vibe di lagu ini tu kayak lagu-lagu kpop awal-awal gitu jadi dengerinnya fresh aja. Suka deh pokoknya.




Yak itulah 10 lagu K-Pop terenak versi ku di tahun ini. Kebanyakan lagu Produce48/IZ*ONE karena emang ngikutin banget dan semua lagu konsep dan debutnya enak dan sangat relate dengan kehidupan sehari-hari.

Sebagai penutup, aku nggak tau ya, tahun depan masih mendengarkan dan mengikuti perkembangan genre ini atau tidak, tapi yang jelas selama musiknya enak dan sesuai sama seleraku ya pasti bakal kudengerin terus. Pokoknya, jangan pernah takut nyoba dengerin genre musik yang baru. Siapa tau selera kan? Hehe

Kamsahamnida~

You Might Also Like

0 komentar